Monday, December 18, 2017

Jurnalis Trip Rumah Kolaborasi (1) : Perjalanan Akhir Tahun bersama Rumah Kolaborasi

Foto Saibumi.com
Kesempatan tak mungkin tersia-sia kalau segalanya serba tepat. Waktu yang tepat, tempat yang tempat, orang yang tepat dan semua tepat. Inilah yang terjadi dalam dua hari kemarin, Sabtu - Minggu, 16 - 17 Desember 2017 dalam kegiatan Jurnalis Trip yang diadakan oleh Rumah Kolaborasi (Ruko), ke Ulubelu, Tanggamus, Lampung.

Andri dari Ruko yang mesti kusebut sebagai peluang bagiku untuk ikut dalam perjalanan ini.

"Adakah teman-teman JPP yang mau ikut Jurnalis Trip ke Lembah Pelangi Ulubelu 16 - 17 Desember? Usai trip harus nulis di media masing-masing." Andri berkoar-koar di grup WA Jaringan Perempuan Padmarini (JPP).

Aku spontan menuliskan namaku untuk ikut padahal belum tahu apa kegiatannya, siapa yang ngadain dan bagaimana persiapan serta lain-lainnya. Hehehe. Nama Lembah Pelangi spontan menyentuh hati. Apalagi setelah aku browsing di internet apa dan di mana lokasinya. Tambah berminat. Agak ngeper ketika beberapa hari menjelang hari H aku diserang vertigo cukup parah. Aku harus ke dokter untuk menahan supaya serangannya tidak semakin parah. Dan percayalah, tempat indah Ulubelu bisa menyembuhkanku. Hehehe.

Nah, rupanya, Jurnalis Trip ini merupakan kegiatan rutin dari Ruko yang diadakan pada akhir tahun. Ini adalah cara Ruko mengajak teman-teman media untuk mengunjungi tempat-tempat menarik yang menjadi lokasi program kerja Ruko, yang bergerak untuk pemberdayaan masyarakat dan lingkungan hidup di beberapa daerah di Propinsi Lampung. Aku ndak terlalu ngeh orang-orang yang ada di sini, tapi Andri adalah salah satu pengurus inti dalam Ruko.

Yang diajak ikut serta dalam Jurnalis Trip ya para jurnalis dunkkk. Aku beruntung karena aku punya media : yulinugrahani.blogspot.com. Media yang membanggakan ini toh punya pembaca juga kan? Hehehe... jadi aku bukan hanya pensiunan jurnalis tapi juga bloger dan selalu : cerpenis. Hihihi... Keberuntunganku dalam perjalanan ini adalah belajar tentang koperasi simpan usaha (nanti kuceritakan dalam tulisan selanjutnya), belajar tentang semangat hidup dari perempuan-perempuan dampingan Ruko, mengunjungi tempat-tempat keren di Lampung yang belum pernah kukunjungi (termasuk Lembah Pelangi dan Danau Hijau, tulisan detail menyusul), mengenal beberapa jurnalis muda Lampung dari berbagai media dan dapat oleh-oleh dongg, berupa foto, kopi, gula aren dan pengalaman. Ohya, aku juga menemukan beberapa pantun dalam syair tarian penyambutan di Lembah Pelangi, pasti itu akan menarik bagi orang yang suka sastra macam aku. Aku akan coba menuliskannya dalam satu bagian nanti.

Tulisan awal ini sebagai pengantar sebelum masuk ke tulisan-tulisan selanjutnya yang akan kutulis secepatnya begitu ada kesempatan. Mungkin bisa 5 atau 6 bagian, tergantung bagaimana nanti aku punya waktu dan kreatifitas untuk mengolah data. Sabar yak. Hmmm, sebenarnya aku minim foto, jadi aku mengambil beberapa foto hasil jepretan teman-teman jurnalis yang ikut dalam perjalanan ini.

No comments:

Post a Comment