Sunday, November 26, 2017

Istilah-istilah dalam Google AdSense

Sebagai pengguna baru Google AdSense di blog ini, aku masing mengerutkan kening kalau masuk ke akun AdSense. Beberapa istilah baru belum juga kupahami. Jadi aku sering browsing untuk menemukan pengertian-pengertian tentang ini. 

Misalnya :


1. Page View
Page View adalah jumlah berapa kali halaman yang mengandung iklan ditampilkan oleh pengunjung blog atau situs. Nilainya tidak dipengaruhi oleh jumlah iklan yang kita pasang pada halaman tersebut. 

2. Impression adalah jumlah tampilnya halaman yang mengandung unit iklan, semakin banyak impression maka itu menunjukan bahwa halaman dalam blog kita mudah ditemukan oleh mesin pencari.

3. Click adalah akumulasi jumlah klik yang diperoleh oleh setiap unit iklan yang terpasang.

4. CPC (Cost Per Click) adalah biaya yang ditawarkan oleh advertiser (si pemasang iklan) untuk tiap klik iklannya. Setiap kali iklan tersebut diklik pengunjung maka uang yang akan kita dapatkan sejumlah nilai CPC untuk iklan tersebut. Semakin besar nilai CPC maka akan semakin besar pula peluang kita mendapatkan uang dari iklan tersebut.


4. CTR (Click Through Rate) 
adalah perbandingan dalam bentuk persentase untuk menghitung antara jumlah klik dan jumlah unit iklan adsense yang bersangkutan tampil,  jika iklan tampil sebanyak 1000 kali, kemudian iklan tersebut mendapatkan klik sejumlah 10 kali maka nilai CTR nya dapat kita hitung sebagai berikut (10/1000 x 100%)=1%, jadi jika dalam 1000 kali tampil, iklan mendapatkan klik pengunjung sebanyak 10 kali, berarti nilai CTR untuk iklan tersebut adalah 1%.


5.  RPM (Rvenue Per Thoushand Impression) 
adalah hasil pembagian antara jumlah pendapatan publisher dengan jumlah impresi halaman (per 1.000) yang ia dapatkan dari iklan-iklannya. Sebagai contoh, publisher yang menghasilkan $200 dari 50.000 impressi akan memiliki nilai CPM sebesar $4 (nilai tersebut didapat dari perhitungan [jumlah penghasilan /(impressi/1000)]= (200/(50.000/1000)=200/50=4.


6. Estimated Earning adalah perkiraan jumlah penghasilan yang kita peroleh dari iklan adsense yang kita pasang, nilai estimated earning adalah hasil kali antara Jumlah click dengan CPC, semakin besar nilai CPC maka akan semakin bersar pula estimated earning yang akan kita peroleh, kemudian juga semakin banyak jumlah klik iklan itu akan semakin besar pula pendapatan yang kita peroleh.

No comments:

Post a Comment