Saturday, November 11, 2017

Disetujui Sebagai Mitra Kerja Google AdSense

Kemarin, saat melihat surat-surat yang masuk ke email dengan harapan sebuah naskah dari seorang teman untuk buku yang kami kerjakan, aku melihat notifikasi yang tak biasa muncul pada tanggal 8 Nopember 2017 dari tim Google AdSense. Lalu diikuti notifikasi selanjutnya dengan tulisan : Great News! Ads are now live on your site. Wah! Aku udah nyaris lupa pernah mengajukan penggunaan AdSense untuk blog yang kurawat sejak 2006 ini. Hampir 2 bulan baru disetujui. Yeaaaa....

Apa sih AdSense itu? Ini lihat di Wikipedia :
"AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik.
Selain menyediakan iklan-iklan dengan sistem bayar per klik, Google AdSense juga menyediakan AdSense untuk pencarian (AdSense for Search) dan iklan arahan (Referral). Pada AdSense untuk pencarian, pemilik situs web dapat memasang kotak pencarian Google di halaman web mereka. Pemilik situs akan mendapatkan pemasukan dari Google untuk setiap pencarian yang dilakukan pengunjung melalui kotak pencarian tersebut, yang berlanjut dengan klik pada iklan yang disertakan pada hasil pencarian. Pada iklan arahan, pemilik situs akan menerima pemasukan setelah klik pada iklan berlanjut dengan tindakan tertentu oleh pengunjung yang telah disepakati antara Google dengan pemasang iklan tersebut." 

Nah. Itu. Walau aku nih katrok, belum ngerti gimana-gimananya, rasanya jadi semangat banget. Beberapa bulan ini blog ini seperti anak tiri, jarang kutengok. Kini jadi semangat lagi mengelolanya. Malam aku langsung kontak Ihan yang bantu aku mengajukan permohonan AdSense. Sebelnya, dia kayak ndak percaya. Yaelah, aku mesti meyakinkan dia kalau : "Lihat tuh, iklan-iklannya sudah muncul di blogku." Hehehe...
Wis. Nanti kita lihat deh selanjutnya. Aku akan cerita lagi kalau nemuin sesuai yang menarik dan perlu diceritakan dari AdSense sesuai pengalamanku. Silakan menikmati blogku yang semakin penuh warna yak.

No comments:

Post a Comment