Friday, November 24, 2017

BIC_L : Komunitas Bikers Lampung Anti Narkoba

"Jangan anggap kami ini sama dengan genk motor yang ugal-ugalan dan bikin rusuh. Kami ini cinta damai dan menyatukan impian-impian lewat kebersamaan komunitas motor," Demikian dikatakan Albert dalam obrolan sore, 23 Nopember 2017. 

Hmmm, okey. Jadi apa nama komunitas kalian? "Namanya BIC_L. Singkatan dari Bikers Community Lampung. Sekarang yang menjadi ketua adalah Theofanus Martino. Kalau mau menghubungi kami ini salah satu nomornya CP 0895704884579." Jelas Albert.

Dikatakan lebih lanjut kalau anggota BIC_L sekarang ini yang aktif kurang lebih 8 orang. Mereka berkumpul dengan menjunjung tinggi solidaritas antar anggota, niatnya mencari teman, saling sharing antara sesama bikers, menyatukan hobi dalam bidang otomotif dan touring.

"Syarat masuk tidak ada tapi ada aturan, misal tidak boleh memakai narkoba. Kami anti narkoba. Lalu harus mau menerapkan safety dalam berkendara seperti menggunakan helm, sepatu, dan sebagainya. Motor yang digunakan juga wajib dilengkapi dengan spion, dan perlengkapan yang menunjang safety." Tandas Albert.

Sebagai salah satu anggota, Albert menikmati kegiatan-kegiatan komunitas ini seperti secara rutin kopdar seminggu sekali yang diisi dengan sharing, mendatangi dan didatangi komuntas lain. Di bagian akhir dari kopdar biasanya rolling, berkeliling, di jalanan seputaran Bandarlampung.

Selain itu ada kegiatan-kegiatan tidak rutin seperti bakti sosial mengunjungi panti asuhan, sahur on road dengan mengumpulkan uang dan bahan makanan untuk dibagikan ke orang-orang yang membutuhkan saat sahur, dan sebagainya. Juga sesekali mereka mengadakan touring ke berbagai daerah di Lampung maupun luar Lampung. 

Albert mengatakan banyak hal yang menarik yang bisa didapat bersama BIC_L seperti bisa saling berbagi pendapat, mendapat cerita dari orang yang berpengalaman, dan belajar tentang berbagai macam hal. "Kita dapat menolong orang yang membutuhkan, juga sebaliknya kita akan ditolong kala membutuhkan. Lewat kelompok ini saya bisa bertemu banyak teman. Dengan kebersamaan bisa mengajak untuk mengadakan kegiatan bersama."

Menurutnya, pengalaman yang tidak menyenangkan dalam kelompok adalah jika ada perdebatan, lalu tidak ada yang mau mengalah sehingga memecah pertemanan.

Dengan sungguh-sungguh Albert melontarkan harapannya supaya masyarakat jangan nganggap bikers seperti dia dan teman-temannya itu sama dengan genk motor. "Genk motor mungkin ugal ugalan dan bikin rusuh atau onar. Kalau komunitas ini malah menyatukan berbagai komunitas." 

Cita cita bersama di masa mendatang, BIC_L ingin mengadakan anniversary dengan kegiatan yang besar, mungkin saat 5 tahun. Pada Februari 2018, komunitas ini akan masuk dalam 3 tahun. Impian terbesar sekarang ini bagi Albert adalah touring ke seluruh kota di Indonesia untuk menikmati keindahan alam dan masyarakat Indonesia.

Okey deh, Bert. Semangat ya. Biarlah BIC_L menjadi sarana untuk belajar menjadi manusia yang sungguh-sungguh manusia, dan anti narkoba.

No comments:

Post a Comment