Friday, May 31, 2019

Resep Semur Ayam Tahu Hati ala Yuli Nugrahani

Aku memasak tiap hari bukan soal kewajiban. Suamiku ter-mbois tak pernah menuntut aku masak. Malah kalau aku sedang capek, dia bilang:"Yang paling nyaman aja, say. Kalau tak mau masak yo tuku. Kene duite, taktukoke." Aman to.

Dasarnya aku suka makan dan suka masak. Kubilang berkali-kali, kalau memasak itu bisa jadi terapi. Kutulis juga kemarin: Dapur itu penyembuh. Nah, inilah pilihan yang menyenangkan bagiku. Maka aku sangat menikmati liburan (kadang pekerjaan-pekerjaan yang menghimpitku itu membuatku tak punya kesempatan memasak yang sedikit heboh. Hanya memasak yang praktis cepat saja)

Hari kedua libur lebaran tahun ini, untung banget aku bisa bangun pagi sehingga warung Sari masih memberikan banyak pilihan untuk dibeli. Ini salah satu menu yang kumasak dari hasil belanja, semur.

Bahan semur:
setengah ayam, bersihkan, potong menjadi 6, goreng hampir matang
10 buah tahu putih, goreng setengah matang
5 buah hati ayam, goreng hampir matang

Bumbu halus:
3 siung bawang putih
5 siung bawang merah
1 ruas jari jahe
1 ruas jari kunyit
lada secukupnya
ketumbar secukupnya
2 butir kemiri
setengah sendok teh garam
setengah sendok teh gula pasir

Bumbu lain:
1 lembar daun jeruk purut
3 lembar daun salam
1 batang sereh
2 ruas jari laos
1 buah tomat diiris kasar
kecap manis
air secukupnya

Cara memasak:
- Haluskan bumbu-bumbu dan siapkan bumbu yang lain dengan dicuci bersih. Laos dan sereh digeprek.
- Tumis semua bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum.
- Masukkan bumbu lain, termasuk air. Jangan banyak-banyak air yang ditambahkan. Kecap tambah sesuai selera. Tutup wajan, dan biarkan mendidih hingga matang.
- Masukkan ayam, tahu dan hati, aduk pelan-pelan. Tutup lagi dan biarkan bumbunya merasuk ke bahan hingga merata.
- Sudah, beres dah. Sajikan dengan taburan bawang goreng dan irisan timun. Kalau di rumah, aku sajikan bersama dengan kering tempe dan peyek kacang sisa kemarin. Karena tak ada sayur hijaunya, mesti ditambah dengan buah-buahan supaya cukup imbang.

Ada yang mau request masakan tertentu? Boleh. Silakan kontak aku sehari sebelumnya, dan mari datang langsung untuk mencicip setelah masakan siap. Untuk beberapa menu dikenakan biaya tambahan. Hehehe...

2 comments: