Thursday, May 02, 2019

Pertemuan Nasional Para Penggerak Gender dan Pemberdayaan Perempuan, SGPP KWI 2019

 Pertemuan nasional para penggerak gender dan pemberdayaan perempuan yang diadakan oleh Sekretariat Gender dan Pemberdayaan Perempuan (SGPP) Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) sudah diselenggarakan di Wisma Samadi Gender Jakarta, 23 - 26 April 2019.

Yang hadir adalah wakil-wakil dari keuskupan di Indonesia dengan beberapa narasumber yang memberikan gambaran umum sesuai dengan tema Kesetaraan Perempuan dan Laki-laki dalam Keluarga sebagai Citra Allah. Pendalaman dilakukan oleh para peserta melalui diskusi dan pleno yang masuk dalam rangkaian pertemuan.

Saya sebagai bagian dari tim SC merasa lega setelah kegiatan ini selesai. Apa yang terjadi dalam pernas itu sangat menarik. Semua terjadi tepat memang harus terjadi. Bahkan hujan setelah acara malam keakraban adalah tepat memang harus begitulah.

Dalam postingan ini saya pasang hasil singkat dari pertemuan itu yang sudah ditandatangani oleh Mgr. Nicholaus Adi Seputra MSC, Moderator SGPP KWI dan Sr. M. Natalia OP, sekretaris SGPP KWI.


Dokumen ini dirumuskan berdasar proses yang terjadi dalam pernas. Dimulai dari pembukaan di hari pertama yang sudah memunculkan masalah-masalah ketidakadilan gender di Indonesia. Sharing dari peserta dalam kelompok-kelompok memunculkan data-data yang terjadi di tiap keuskupan.

Hari kedua adalah hari belajar dengan bantuan para narasumber. Terus terang hari kedua dalam pernas itu paling membuat capek para peserta. Banyak keluhan yang muncul karena jam yang sangat padat dengan agenda yang tak mungkin lagi digeser. Fulllll.... bahkan malam pun masih ada pr yaitu membuat refleksi hasil pengendapan dari hari itu.

Hari ketiga dan keempat adalah saatnya untuk bekerja. Prosesnya adalah diskusi, pleno, diskusi, pleno hingga kemudian didapatkan catatan akhir yang memasukkan rekomendasi dari pertemuan tersebut.


No comments:

Post a Comment