Thursday, May 16, 2019

Kopi Pahit Legit Menggigit

Sekarang aku punya cara ngopi yang aman bagi tubuhku. Bagaimana itu kulakukan? Ini beberapa pointnya:

1. Ngopi cukup secangkir kecil tiap harinya. Satu kali saja. Cukup.

2. Ngopinya tanpa gula. Pahitan saja. Kopi hitam pahit, terasa legit menggigit.

3. Pilih kopi bubuk, bukan kopi instan. Itu kucermati khusus kalau beli kopi saset.

4. Ngopinya sebisa mungkin pada jam yang sama. Kalau senin - jumat pada jam 10.00, rutin. Nah kalau sabtu - minggu bolehlah pada malam hari atau pagi hari.

Gituhhh... Dari situlah aku mendapat manfaat yang terasa banget di tubuh. Tekanan darah ndak melonjak, kolesterol stabil, gula darah aman, vertigo tidak kambuh, badan jadi seger, otak buger. Begitulah.

Nah dari browsing aku nemu beberapa manfaat kopi pahit tanpa gula. Cocok untuk menguatkan cara ngopiku ini. Ini sebagian manfaatnya:

1. Sumber Antioksidan dan Memenuhi Nutrisi Tubuh
Kopi mengandung antioksidan dan berbagai nutrisi seperti kalium, niasin, kromium, magnesium dan vitamin E. Kromium memang sangat baik untuk tubuh karena bisa mengendalikan kadar gula dalam darah. Selain itu magnesium dan kromium juga bisa menurunkan potensi kolesterol buruk dalam darah. Konsumsi minuman kopi tanpa gula secara rutin juga bisa menurunkan resiko terkena penyakit akut karena kandungan flavonoid yang tinggi dalam kopi.
2. Kopi Mengurangi Kerusakan Fungsi Kognitif pada Lansia
Minum kopi pahit tanpa gula juga bisa mempertahankan fungsi syaraf motorik dan sensorik yang biasanya terjadi pada orang tua.  Minum kopi hitam secara teratur telah terbukti mengurangi semua jenis resiko penuaan yang berhubungan dengan syaraf.
3. Mengurangi Potensi Diabetes
Kopi pahit tanpa gula jelas mengurangi potensi kenaikan kadar gula dalam darah. Kopi juga berfungsi untuk melancarkan proses metabolisme sehingga membuat produksi hormon insulin bisa dilakukan sesuai kebutuhan tubuh. Orang yang bisa mengkonsumsi kopi hitam secara rutin bisa meningkatkan produksi insulin dan menyeimbangkan hormon yang mengatur produksi insulin.

4. Mengurangi Resiko Kanker
Katanya kopi hitam bisa melindungi dari serangan kanker prostat,  kanker usus besar, kanker hati dan kanker payudara. Minum kopi hitam tanpa campuran gula dan zat lain bisa meningkatkan zat aktif yang bisa memerangi semua potensi atau bahan asing pembentuk kanker.
5. Kopi Membuat Tubuh Lebih Bugar
Katanya minum kopi dengan cara yang benar bisa membuat tubuh menjadi lebih bugar. Minum kopi secara rutin akan membuat kesehatan otot menjadi lebih kuat. 
6. Bisa Mendukung Diet
Kopi hitam tanpa gula akan menjadi minuman yang rendah kalori. Nah, cocok kan.
7. Mendukung Kesehatan Tulang
Kalsium yang terkandung dalam kopi bisa meningkatkan kesehatan tulang dan mencegah semua jenis keluhan pada tulang baik untuk wanita dan pria.
8. Menjaga Kesehatan Jantung
Kopi mengandung kalium yang berfungsi untuk menguatkan otot-otot jantung dan menjaga agar detak jantung cepat normal. 
9. Kopi Membuat Anda tetap Aktif
Kafein akan memicu sistem kerja otak sehingga Anda tidak akan merasa mengantuk atau lelah.
10. Kopi Meningkatkan Produktifitas
Kopi memang bahan yang sangat baik untuk membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh dan bisa meningkatkan produktifitas. Kafein juga bisa mengirimkan efek stimulan pada syaraf pusat sehingga bisa meningkatkan proses oksidasi lemak dan melancarkan proses metabolisme.

Namun, tentu saja ada efek buruknya juga, ini perlu dicatat juga ya, seperti :
1. Kopi bisa menyebabkan gangguan fungsi kelenjar adrenal terutama bagi orang yang sudah memiliki masalah dengan kelenjar adrenal.
2. Kopi bisa menyebabkan masalah atau efek diuretik jadi orang yang sudah memiliki masalah dengan keseimbangan elektrolit dalam tubuh tidak disarankan untuk minum kopi.
3. Konsumsi kopi yang dicampur gula secara berlebihan bisa menyebabkan masalah kesehatan yang ditandai dengan sakit perut, detak jantung tidak teratur, kepala pusing dan berbagai gejala yang membuat tubuh lemah.
4. Konsumsi kopi lebih dari 5 cangkir dalam sehari bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti kurang peka lingkungan, sakit perut, gelisah, detak jantung dan menyebabkan gangguan kecemasan.
5. Minum kopi yang mengandung latte atau gula bisa menyebabkan peningkatkan kolesterol.

No comments:

Post a Comment