Friday, May 24, 2019

Jawaban Yuli Nugrahani (9): Bagaimana Pendapatmu tentang Hasil Pemilu 2019?

Aku senang Jokowi menang, walau menang tipis dibandingkan Prabowo. Salah satu alasan adalah dibandingkan dengan Prabowo dan para pendukungnya, aku menganggap Jokowi dan para mendukungnya memberi peluang lebih besar untuk memberikan ruang kebebasan (penghormatan) pada orang minoritas. Yeahhh, aku tahu keduanya punya dosa-dosa salah dan noda, tapi dalam satu point tadi, aku lebih percaya pada Jokowi dan pendukungnya. Kelompok minoritas lebih merasa nyaman berada di kubu itu.

Siapa kelompok minoritas di Indonesia yang kumaksud dalam konteks ini? Minoritas agama, itu salah satunya. Minoritas ras, itu juga termasuk. Hmmm, bukan berarti Jokowi bersih soal itu, tidak. Banyak salahnya juga, tapi dengan agenda tersembunyi para pendukung Prabowo, itu jelas mengkuatirkan bagi kelompok minoritas agama dan ras.

Jadi aku senang Jokowi yang muncul mendapat suara terbesar tahun ini. Semoga Jokowi memegang kepercayaan ini dengan baik dan kuat selama lima tahun mendatang, termasuk mengoreksi kesalahan dari periode masa sebelumnya.

Dalam beberapa waktu mendatang, pasti masih akan muncul kericuhan soal ketidak puasan hasil pemilu. Bagiku wajar saja. Kalau memang nanti ada pelanggaran atau kecurangan, pasti akan ada solusi penyelesaiannya sesuai yang seharusnya. Yang membuatku cukup puas, apa yang sudah kulihat dan kualami mulai dari saat undangan pemilihan hingga penghitungan suara di TPSku, yang awalnya sempat kucurigai karena kok panitianya orang-orang yang itu-itu saja (yang kutahu mereka bukan pendukung Jokowi, dan pemilu yang lalu Jokowi kalah di tempatku ini).

Undangan diterima keluargaku beberapa hari sebelum pemilu, aku sendiri yang menerimanya. Anakku sebagai pemilih pemula sudah tercatat dan mendapatkan undangan. Sip. Lalu saat pemilihan, beberapa saksi dari calon sudah hadir pagi-pagi banget, dan kami dilayani dengan ok. Saat penghitungan masyarakat juga ikut hadir menjadi saksi hasilnya dipublish ke grup RT sehingga aku juga bisa mendapatkan rekapitulasinya utuh. Nah. Ini proses yang sangat ok. Aku bisa mengecek di portal KPU hasil yang sama seperti yang kulihat di TPS. Jadi semua aman.

Aku berharap gesekan-gesekan yang tersisa usai pengumuman hasil akhir pemilu segera selesai dengan proses yang baik. Semoga semua makluk berbahagia juga dengan seluruh proses yang sedang berlangsung ini.

No comments:

Post a Comment