Saturday, June 01, 2019

Resep Ikan Mas Bakar Sambel Kecap ala Yuli Nugrahani

Pagi-pagi hari libur ketiga aku sensi poll. Mikir apa saja kok salah. Berkata apa saja kok ndak bener. Melihat apa pun tak ada yang pas. Pokoke pengin uring-uringan tapi tak tahu alasan yang tepat apa.

Nah, udah gitu ditambahi pula dengan peristiwa di warung sayur. Pertama, pesan kencur ke Sari si penjual, dia bilang kalau kencur tak ada. "Mahal, mbak. Aku beli se ons tak dibolehin sama penjual di pasar. Lha njenengan hanya pesan se ons, kalau aku beli setengah kilo sisanya kupakai untuk apa?"

"Memang harga kencur berapa?"

"Sekitar 100 ribu rupiah per kilonya. Aku ndak berani ambil." Yaelahhh... Jadi aku ngremus apa hari ini kalau tak ada kencur? Ngremus ndase sopo? Huh.

Kedua, aku minta tiga ekor ikan mas ke Sari. Aku bilang beberapa kali,"Jangan dibersihkan. Biar hidup saja, langsung masukin plastik seperti itu. Aku akan memasaknya untuk sore, biar segar." Biasanya ikan yang kubeli segar gitu asal tak ada luka, pasti tetep hidup hingga sore. Tinggal kumasukin ke baskom besar, kasih air cukup. Pas sudah pengin masak, baru disiangi bersih. Jadi tetap segar.

Ehhh, si suaminya Sari, tahu-tahu udah ngepentung ikan. Siap mau dibelah. "Lah, kan udah kubilang bolak-balik lho, biar gitu saja." Itulah saking baiknya orang, biar aku ndak repot. Duh, jadinya satu atau dua ikan itu pun udah klenger saat dimasukin plastik. Sesampai di rumah, ketika aku taruh di baskom, aku tunggu beberapa saat, hanya satu ekor yang masih gesit segar berenang. Yang dua ekor udah klepek-klepek.

Suami dengan sabar bilang,"Udah, masak sekarang saja. Biar tetap segar." Huhh, okey dehhhh....

Bahan:
3 ekor ikan, belah dan bersihkan, lumuri dengan air jeruk nipis

Bumbu halus:
2 siung bawang putih
seruas jari jahe
seruas jari kunyit
sedikit ketumbar bubuk
garam secukupnya

Cara memasak:
- Ulek bumbu halus, beri air sedikit dan lumurkan pada ikan secara merata.
- Panggang di atas api sedang (aku sih memanggangnya di atas kompor, pas di atas api. Ini cara yang paling praktis, tapi memang lamaaa... Harus telaten memutar, membalik, sampai matang)

Sajikan ikan yang sudah matang dengan timun dan sambel kecap. Sambel kecap yang kubuat sangat mudah. Iris tipis cabe rawit sesuai selera dan satu siung bawang merah (iris tipis juga). Tambah dengan sedikit air matang, lalu beri kecap. Kalau ada, bisa ditambah irisan tomat segar.

Gituuuuu....

No comments:

Post a Comment