Monday, June 03, 2019

Pepes Tongkol Bumbu Kacang ala Yuli Nugrahani

Pepes Tongkol Bumbu Kacang ala Yuli Nugrahani
Pepes tongkol atau biasa juga kusebut pelas tongkol, khususnya bumbu kacang termasuk masakan favorit suamiku. Aku mendapatkan resepnya juga karena dia. Yang mengajariku memasak pelas tongkol model ini adalah Mbak Sih, sepupu mas Hendro yang pernah ikut ibu Budi, ibu mas Hendro almarhum. Konon menurut cerita mbak Sih kalau mas Hendro pulang dari kostan atau bepergian, pasti ibu menyediakan menu ini.

Ini resep yang berbeda dari awal ketika mbak Sih ngajarin karena aku menambahkan rempah sedikit lebih banyak, tapi rasanya sama maknyusnya. Anggaplah ini termasuk menu favorit keluarga yang tak pernah kutemui dalam keluarga lain atau bahkan warung, kecuali di daerah Senduro Lumajang sana. Mas Hen selalu bilang ini resep rahasia turun temurun. Hehehe... tapi aku sudah pernah bocorkan resep ini dulu di blog ini juga tahun 2012. Klik sini kalau mau lihat resep yang dulu pernah kubagi. Sama, hanya kadang-kadang aku bereksperimen menambahkan sedikit bumbu atau bahan lain.

Bahan:
6 ekor ikan tongkol ukuran kecil, rebus dengan sedikit garam, cuci bersih dan buang kepala dan durinya
1/4 kg kacang tanah, sangrai/goreng, haluskan
12 lembar daun salam, cuci
12 set daun pisang dan tusuk gigi untuk membungkus

Bumbu halus:
10 siung bawang merah
6 siung bawang putih
2,5 tomat segar
15 cabe merah atau sesuai selera
sedikit jahe
sedikit kunyit
sedikit laos
1/2 batang serai
1 atau 2 lembar daun jeruk purut
garam secukupnya
gula pasir secukupnya
(aku gunakan ukuran sedikit itu untuk ukuran hanya sekitar 1 cm saja, supaya rasanya tidak menonjol biar gurih kacang tanah masih tetap dominan)

Cara memasak:
- Uleg (atau blender kalau lagi males. hehehe) seluruh bumbu, beri sedikit air.
- Campurkan bumbu halus pada kacang tanah, aduk rata.
- Bungkus setengah ikan tongkol, beri alas daun salam, balur dengan bumbu kacang secara merata.
- Kukus kurang lebih 30 menit, atau sampai matang.
- Pepes tongkol pun siap, sudah bisa langsung disantap. Bisa juga dibakar dahulu dengan daunnya baru disajikan. Tapi paling enak pepes model ini digoreng dulu, tiriskan hingga garing, dimakan hangat-hangat. Kalau model Mas Hen atau Bernard, masih ditambah kecap manis.

Untuk lebih jelasnya tunggu ditayangin di chanel youtube Piet Hendro, entar kalau sudah tayang link akan kupasang. Sabar.

No comments:

Post a Comment