Tuesday, October 23, 2012

Pepes Tongkol Bumbu Kacang

Pepes tongkol biasanya dibumbu kemiri atau kelapa dengan ramuan tomat yang membuatnya segar. Nah, ada pepes tongkol yang sedikit tidak biasa. Aku makan pertama kalinya di daerah Senduro, Lumajang, yaitu pepes tongkol bumbu kacang. Kemiri atau kelapa muda diganti dengan kacang tanah yang sudah disangrai dan dihaluskan. Biasanya bumbunya sangat ringan sederhana, hanya bawang merah, bawang putih, cabai merah buang bijinya, tomat, daun jeruk purut ditambah sedikit kencur, gula dan garam. Karena ini adalah makanan kesukaan Den Hendro sejak masa kecilnya, maka aku sering memasak tongkol dengan cara ini. Yang ngajari aku adalah Mbak Sih, saudara sepupunya yang lama ikut keluarga Den Hendro, sehingga dijamin rasanya mirip dengan buatan ibunda almarhum.
Kali ini aku membuat resepnya lebih medok sehingga gurih pedes asem manisnya lebih terasa, dan bau amis ikan tongkolnya hilang. Ssst, sudah pernah kubilang kan kalau aku suka eksperimen masakan? Eksperimen kali ini pasti bikin mata merem melek ludah mengumpul sebelum menyantapnya. Nih, simak resepnya dan silakan mencoba.

Bahan :
1/2 kg ikan tongkol segar, bisa kecil atau besar.
1 ons kacang tanah sangrai, haluskan
4 siung bawang merah
3 siung bawang putih
5 buah cabai merah
2 buah tomat merah besar
1 ruas jari jahe
1 ruas jari kunyit
1/2 cm kencur
1 sendok teh gula pasir
1/2 sendok teh garam
1/2 sendok teh ketumbar bubuk
1/4 sendok teh lada bubuk
1 helai daun jeruk purut segar yang lebar
50 ml air
daun pisang dan lidi untuk membungkus

Cara memasak :
Bersihkan ikan dan rebus sekitar 10 menit. Siram dengan air dingin dan ambil dagingnya (singkirkan duri dan kepalanya).
Haluskan semua bumbu. Bisa ditambah cabai rawit jika suka pedas.
Campurkan bumbu halus dengan kacang tanah yang sudah halus.
Tambahkan air sehingga agak basah.
Masukkan ikan tongkol hingga semua terbalur bumbu.
Bungkus dengan daun pisang, bisa ditambah dengan cabai rawit utuh, daun kemangi dan irisan belimbing/tomat jika suka.
Kukus selama 30 menit.
Pepes tongkol bumbu kacang siap dihidangkan.
Selain langsung disantap dengan nasi, pepes ini bisa dihidangkan dengan cara digoreng dahulu dengan sedikit minyak (buka bungkusnya). Hasilnya jadi lebih crunchy. Atau dibakar dulu di atas arang (dengan bungkusnya). Yummy!

** Jika mau pesan yang sudah matang, silakan kontak di 0721-774214 pada jam 05.00 - 07.15 (pagi) atau jam 18.00 - 21.00 (malam). Hanya melayani khusus daerah Bandarlampung dan Hajimena, pengantaran gratis, harga 1 porsi Rp. 9.000,- tanpa nasi atau Rp. 13.000,- dengan nasi + lalapan, minimal pemesanan 5 porsi. Akan diantar paling cepat 24 jam setelah pemesanan. Dibayar begitu makanan sampai tempat kecuali untuk pemesanan di atas 10 porsi. Juga menerima pesanan pepes apapun yang diinginkan dengan harga dan cara pemesanan yang sama.

No comments:

Post a Comment