Friday, June 28, 2019

Oleh-oleh dari Open Forum Inkopdit 2019

Tahun ini, Open Forum dan RAT Inkopdit dilaksanakan di Sanur Bali, tepatnya di Prime Plaza Hotel Sanur, pada 23 - 25 Juni 2019. Aku mempersiapkan pengalaman pertama ini secara khusus dengan mengambil cuti, dengan demikian bisa lebih fokus dan leluasa mengikutinya. Selain itu aku menyiapkan diri menerima pengalaman-pengalaman baru, juga perjumpaan dengan orang-orang baru, serta untuk pertama kalinya ikut bersama rombongan pengurus, pengawas dan manajemen KSP Kopdit Mekar Sai dalam perjalanan yang cukup lama.

Tema yang diangkat dalam lokarkarya Inkopdit kali ini adalah Digitalisasi Pelayanan pada Era Milenial dalam Rangka Keberlanjutan GKKI diikuti oleh lebih dari 700 orang dari CU-CU yang ada di Indonesia. Dan pada hari terakhir, 26 Juni 2019 diselenggarakan Rapat Anggota Tahunan Inkopdit diikuti oleh wakil Puskopdit se Indonesia.

Bersama Kristien
Lokakarya menghadirkan beberapa narasumber. Yang paling menyentuhku adalah Ranjit dari ACCU yang mengingatkan kembali spirit Raiffesien, pendiri CU. Mendengarnya seperti melemparkanku pada beberapa masa lalu di Malang saat aku dan teman-teman KSK maupun VCI keluyuran di bawah dan samping jembatan di sekitaran Kayutangan, Ranjit mengingatkan soal tanggungjawab sosial CU, option for the poor, memperhatikan yang paling tidak berdaya supaya menjadi sejahtera.

Dan yang di luar dugaan, aku bertemu Kristien, salah satu sahabat yang pernah bersama-sama menggarap kegiatan dan pendampingan orang miskin perkotaan. Dia rupanya terpilih menjadi Ketua Pengurus CU Sawiran. Lama sekali tidak bertemu dan aku mengenali dia sedang menggarap zero waste, pengolahan sampah, pemanfaatkan tanaman sekitar sebagai bahan pangan dan hal-hal sejenis. Maka tidak menyangka bawa dia ternyata juga ada dalam gerakan CU. Senang tentu saja, dan aku menghabiskan waktu pada hari pertama lokakarya duduk bersamanya dan mencari-cari jeda untuk ngobrol. Bukan untuk nostalgia walau sesekali mengingat beberapa hal di masa lalu, tapi lebih banyak kami bicara tentang apa yang bisa dilakukan di masa mendatang dalam konteks CU.

No comments:

Post a Comment