Wednesday, July 29, 2020

Sumber Aneka Motor: Membuka Usaha di Masa Pandemi

Membuka usaha dalam situasi pandemi seperti ini? Mengapa tidak? Itulah yang kami kerjakan sekarang ini. Membuka bengkel motor dengan semua layanan standar untuk motor aneka jenis. Kami menamainya Bengkel Sumber Aneka Motor. Dikerjakan oleh 2 mekanik untuk:
1. Tambal ban
2. Ganti oli
3. Servise apa pun jenisnya
4. Modiv motor apa pun yang diinginkan
5. Dll.

Keraguan yang muncul justru dari banyak orang lain. "Semua usaha sedang lesu lho. Yakin?" Atau yang lain bilang,"Kok di situ tempatnya? Kan sepi itu di bawah fly over." Atau. "Lha gimana ngerjainnya?" Yang tahu kisah kami akan lebih kuatir. "Nanti jangan2 kayak waktu jualan bakso itu." Dan lain-lain lagi.

Hmmm, yakinlah, kalau ada banyak yang kuatir, kamilah yang paling kuatir karena kami yang akan menanggung segala resikonya. Namun ada banyak keyakinan jauh melampaui kekuatiran itu sehingga kami berjalan mantap.

1. Usaha baru memang harus dilakukan. Untuk keamanan finansial keluarga ada sebuah istilah: diversifikasi sumber penghasilan keluarga. Maka, harus mulai sekarang juga. Bukan nanti, tapi sekarang.

2. Pengalaman kegagalan bisa membuat trauma, tapi itu juga pembelajaran yang luar biasa bagi kami. Menjadi lebih hati-hati dengan membuat daftar pertanyaan2 yang segera dicari jawabnya. Misal tentang ketetapan hati mekanik yang akan bekerja. Kemampuan mereka. Dan sebagainya.

3. Beberapa perjumpaan dengan orang-orang penuh semangat menambah mantapnya niat kami itu. Di tengah kelesuan banyak orang, kita harus punya geliat usaha upaya yang lebih kuat. Dalam mawas diri dan gerak yang semangat. Kayak gitulah.

4. Kami mempunyai akses untuk mendapatkan modal. Bukaannn, bukan warisan atau tabungan yang besar. Tapi 'koperasi'. Kami anggota Koperasi Kredit Mekar Sai, yang membantu kami membentuk keyakinan supaya tidak mengkuatirkan tentang modal, asal kami punya tanggungjawab dan perilaku disiplin terhadap pilihan-pilihan.

5. Ada banyak peristiwa kebetulan yang menyertai persiapan kami. Misalnya ada teman yang punya tempat, ada orang yang menawari kompresor bekas, lokasi dekat dengan toko spare part, dan lain-lain. Kebetulan yang paling kami syukuri adalah dua orang yang datang dengan penuh harapan untuk bekerja bersama kami. Mereka mekanik yang handal, pernah menjuarai kontes mekanik nasional. Bahkan mereka bisa menjadi tutor kalau ada yang mau belajar tentang mesin motor atau mobil.

6. Meski diwarnai proses diskusi, debat bahkan berantem, kami pun sepakat berjalan untuk usaha bengkel motor ini. Namanya pun menjadi semangat bagi kami. SAM. Nama bapak tercintaku, Pak Samiran. SAM. Sumber Aneka Motor. Kami mulai membukanya minggu ini. Obyek pertama adalah motor Mioku yang sudah bertahun-tahun tak bisa jalan, sekarang menjadi sarana transportasi dua mekanik itu untuk belanja. Mengganti sparepartnya (habis 400an ribu) dan membongkarnya dengan teliti. Great.

No comments:

Post a Comment