Tuesday, July 14, 2020

Resep Pizza ala Yuli Nugrahani

Pizza bukan termasuk makanan favoritku. Tapi sesekali aku akan sangat ingin menyantapnya yaitu saat beramai-ramai dengan sesiapa gitu. Harganya aku tak suka dan sontan bisa kubandingkan dengan nasi padang. Harga yang sama untuk pizza hanya bisa untuk 1 orang, tapi kalau dibelikan nasi padang bisa 3 - 4 orang. Belum lagi kalau aku berharap topping-topping tambahan yang kusukai. Bisa lebih banyak lagi orang yang bisa ditraktir nasi padang ayam goreng pop yang gurih yahud itu. Nasi padangnya di Puti Minang Hajimena dunkkk...Itu termasuk warung nasi padang yang paling kusuka.

Nah, untuk mengurangi biaya, aku akan memilih membuat pizza sendiri. Asalkan dalam kondisi waras sehat walafiat secara apa pun. Untuk bahan-bahan aku gunakan yang paling minimal saja.

Bahan kering, aduk rata :
375 gram tepung terigu cakra kembar
6 gram ragi instan
30 susu bubuk
15 gram gula pasir.
Air matang: 175 ml, tambahkan sedikit-sedikit sambil diuleni.

Jika sudah kalis, tambahkan 50 mentega dan sesendok teh peres, uleni sampai elastis. Tandanya, kalau ditarik tidak mudah putus, dan tidak lengket di tangan.

Diamkan adonan dalam wadah tertutup sekitar 30 menit.

Kempiskan dan bagi adonan dalam 3 bagian. Diamkan lagi sekitar 10 menit.

Siapkan loyang. Tak usah diolesi mentega. Pipihkan adonan di loyang itu. Biasanya bentuk lingkaran tipis. Tusuk-tusuk dengan garpu. Tutup dengan serbet bersih dan diamkan kurang lebih 30 menit.

Beri toping. Aku biasanya memberi toping:
Pertama, olesi dengan saus bolognese yang biasa untuk spageti tipis-tipis.
Kedua, beri irisan daging ham atau sosis.
Ketiga, taburi dengan irisan bawang bombay dan paprika kalau suka.
Bisa ditambah lain-lain seperti jamur, kacang polong, dll.

Terakhir beri taburan keju mozarella sebanyak-banyaknya. Hehehe....
Udah, panggang kurang lebih 30 menit. Aku selalu meletakkan secangkir air di salah satu pojok oven biar adonan tidak telalu kering. Pakai cangkir tahan panas lho yaaa....

Udahhhh jadiiii.... Nikmati dengan saus tomat dan cabe. N kalau suka mayones aneka rasa. 

No comments:

Post a Comment