Saturday, July 18, 2020

Puisi Sabtu 21: AKU INGIN KUPU-KUPU Karya Yuli Nugrahani

AKU INGIN KUPU-KUPU

 

Aku ingin kupu-kupu keluar dari rambutku

mengangkat sedikit helai uban ke arah matahari

sehingga siapa pun yang sengaja menilik kilatnya

mulai berpikir tentang kemenangan Sang Pemilik.

 

Aku ingin kupu-kupu keluar dari dadaku

meninggalkan sisa benang kepompongnya

bukan kosong kucuri tapi serat-serat berharga

siap dipintal menjadi kegembiraan, atau keheningan.

 

Aku ingin kupu-kupu keluar dari mulutku

mengepakkan hasrat di ujung-ujung kalimat

meneriakkan mantra bersepuh kebijaksanaan

sebelum hinggap di lembar catatan-catatan.

 

Aku ingin kupu-kupu keluar dari telingaku

menarik debu dari mimpi-mimpi yang tertimbun

mengupas karat dari tafsir yang kadaluwarsa.

Lalu merentangkan sayapnya yang berwarna

menangkap setiap titik cahaya sebagai petunjuk

untuk menuju pada kesempurnaan.

 

2017-2020

 

...

 


No comments:

Post a Comment