Thursday, July 16, 2020

Donat Labu Kuning ala Yuli Nugrahani

Donat labu kuning

Kayaknya sekarang ini sedang musim labu kuning di beberapa daerah di Lampung. Mudah sekali menemukan labu jenis ini bahkan di tukang sayur sekalipun, dengan ukuran kecil, besar, potongan atau bentuk olahan. Beberapa waktu lalu aku dapat kirim dari Bu Tiwi yang konon mendapat kiriman dari orang lain lagi.

Baru kemarin malam labu itu akhirnya kupotong dan kukukus. Sudah sejak memotongnya itu aku sudah ndak yakin bakal bisa menghabiskan seluruh potongan labu kuning kukus, maka saat Putra datang ke rumah, kutitipkan setengah dari potongan-potongan labu kukus itu untuk Utinya.

Tak ada satu pun orang yang menowelnya dalam bentuk kukusan seperti itu. Aku memakannya sebagai pengganti nasi untuk makan malam, lalu untuk sarapan. Dan kok ya masih banyak banget itu labu ya.

Maka jadilah ini, donat labu kuning ala akuuu...

Gini cara mengolahnya:

250 gram tepung terigu serbaguna
1 sendok teh ragi
6 sendok teh gula pasir atau sesuai selera
setengah sendok teh bread improver kalau ada
Aduk semua bahan kering ini sampai merata lalu masukkan 125 gram labu kuning kukus yang sudah dihaluskan.

Uleni seluruh bahan ini hingga kalis. Lalu tambahkan sekitar 2 sendok teh mentega dan setengah sendok teh garam. Uleni sampai elastis.

Timbang seluruh adonan lalu bagi sesuai selera. Bentuk bulatan, letakkan dalam loyang yang sudah taburi terigu. Pipihkan dan beri lubang tengahnya dengan jari telunjuk. Lakukan begitu hingga semua adonan habis.

Diamkan adonan kurang lebih 45 menit. Bisa ditutup plastik, serbet bersih atau masukkan ke oven tertutup.

Udah deh, siap goreng. Pakai api kecil saja yaaa.... N jangan dibolak balik. Cukup sekali balik saat satu sisi sudah kecoklatan. Gunakan bantuan sumpit untuk mengangkat dan meniriskan donat.

Udah jadi dahhhh... Bisa dimakan begitu saja, ditaburi gula halus atau diberi topping sesuai selera. Kalau aku, cukup begitu saja. Langsung santap saat hangattt...

Labu kuning utuh

Labu kuning potong

Labu kuning kukus

No comments:

Post a Comment