Tuesday, April 08, 2014

Tanaman, Binatang dan Orang dalam Puisi-Puisiku

Dari 40 puisi yang sudah kusisihkan, kupilah dari lebih seratus puisi yang kupunya, aku menemukan nama-nama tanaman, binatang dan orang berhamburan dalam bait-baitnya. Sambil mengeditnya aku iseng mendata tanaman, binatang dan orang yang ada. Hasilnya, 43 jenis tanaman, 24 jenis binatang dan 26 nama orang.

Tanaman : tapak liman, trengguli, gulma, lambang sari, walikukun, rumput, kepala, bungur, mawar, ephorbia, albasia, sonokeling, palem, kaktus, anyelir, aren, wijaya kusuma, mangga, sirih, pinang, ilalang, saliara, gandaria, beringin, pinus, kapuk, jati, bakung, teratai, palinten, salam, jamur, cendawan, bunga sepatu, euchalyptus, daffodil, kecubung, gaharu, sorghum, luntas, tali putri, kenanga, dan edelweis.

Binatang : sapi, naga, ulo tampar, cecak, domba, burung kenari, burung gagak, kaki seribu, kelelawar, burung kolibri, burung murai batu, serangga, ngengat, rusa, manyar, lipas, kuda, kupu-kupu, kutilang, burung pleci, onta, burung kedasih, kelinci, dan elang.

Nama orang : Uskup Myriel, Limbuk, Azar Nafisi, Charlos Hathcock, Damar Wulan, Loh Gender, Menak Jinggo, Anjasmara, Waita, Puyengan, Dayu, Wira, Empusa, Putri Andalusia, Rabindranath Tagore, Father Carlosa, John, Aktaion, Diana, Artemis, Dewi Gandari, Gibran, Ziadah, Kresna, Arjuna dan Kariyem.

Ini belum termasuk nama-nama yang ada di puisi yang belum terpilih. Bagiku pun sudah luar biasa, apalagi jika bisa kutambah nama-nama lain, di puisiku yang berikutnya, di bukuku yang berikutnya yang bisa kurancang. Wah. Ini bisa menjadi daftar yang panjang.

No comments:

Post a Comment