Monday, January 28, 2013

Novel Jane Austen : Pride and Prejudice

Judul Buku : Pride and Prejudice
Penulis : Jane Austin
Halaman : 588
Penerbit : Qanita
Cetakan IV : Juni 2011


Ketika memulai membaca buku ini, spontan aku ingat bahwa aku pernah membacanya, meski lupa kapan dimana pinjam siapa. Dan aku sudah langsung bisa tahu jalan cerita dan akhirnya seperti apa. Yeach, masalahnya aku membaca buku ini bukan soal untuk tahu ceritanya. Tapi untuk melihat apa yang membuat Jane dan Pride and Prejudice-nya ini bisa ngetop mulai dari jamannya, tahun 1800an dan bahkan diakui sebagai buku populer classic hingga kini.
Baiklah, jadi aku bertekun dan membutuhkan waktu sekitar 3 hari untuk menuntaskannya. Kisah yang biasa saja, seperti banyak yang terjadi pada tahun saat ditulis. Bagaimana kehidupan masyarakat Eropa dalam kelas-kelas sosial. Urusan penting seorang ibu untuk mendapat menantu yang dapat meningkatkan status sosial. Urusan warisan, pesta dansa, trik dan intrik kejam namun sopan dan lain-lain. Alurnya yang panjang bisa membuat bosan, dan lagi kalau dipikir-pikir, ceritanya daatttaaaarrrrr...sesuai kesantunan masa itu.
Yang membuat salut, Jane mampu menampilkan sosok Elizabeth Bennet, anak kedua dari 5 bersaudari, dengan sedikit perbedaan sikap. Periang, pemberani, dan tidak seperti biasanya gadis masa itu. Mungkin sikap yang ditampilkan dalam Elizabeth ini mewakili pandangan Jane. Dan itulah yang membuat Jane terasa jenius tidak biasa.
Jane menaruh 'obsesi' pada Elizabeth dengan segala karakter gadis yang nyleneh di jamannya. Berani mengungkapkan pendapat, mau jalan kaki sekian jauh untuk menjangkau kakaknya yang sakit, berani menolak lamaran seorang yang bisa menjadi sandaran aman warisan keluarga, dan sebagainya. Dan Jane memberikan yang terbaik pada akhir hidup Elizabeth kesayangannya itu. Dipertemukan dengan Darcy lewat pengenalan karakter terburuk dan terbaik, dalam emosi ketertarikan yang romantis, dan dari sana mengalir jaminan kehidupan secara sosial, materi dan cinta. Hufft, Jane terlalu menganakemaskan sosok ini.
Pasti proses penulisan Jane ini butuh energi yang luar biasa besar. Mulai ditulis 1796 dan berakhir dengan penerbitan pada 1813 adalah waktu yang sangat-sangat panjang. Dan perjuangan itu mencatatkan nama Jane sebagai seorang perempuan novelis yang terkenal dan mengilhami banyak penulis / pengkarya lain berdasar apa yang sudah dikisahkannya itu.
Jane Austen lahir 16 Desember 1775 dan meninggal 18 Juli 1817. Dia adalah novelis Inggris dengan gaya realisme. Berasal dari keluga bangsawan yang mendukung perkembangannya sebagai penulis profesional. Novelnya yang pernah terbit adalah Sense and Sensibility, Pride and Prejudice, Mansfield Park dan Emma. Ia menulis dua novel lainnya yang diterbitkan setelah kematiannya, yaitu Northanger Abbey dan Persuasion. Novel yang belum selesai ditulis saat kematiannya adalah Sanditon. 

2 comments:

  1. mbak bisa share sinopsis novel ini? :D makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan. asal ditulis keterangan namaku atau blog ini sebagai sumbernya. salam.

      Delete