Monday, January 14, 2013

Menggandakan Roti

Malam ini akhirnya tahu bagaimana cara kerja Yesus bisa menggandakan roti untuk 5000 orang laki-laki belum termasuk anak-anak seperti dalam cerita di Perjanjian Baru, Injil para umat Kristiani. Waktu itu Yesus tidak mengabaikan orang-orang yang sudah berjalan dan berkerumun di dekatNya. Bisa jadi mereka mempunyai banyak motif, bisa jadi Dia hanya dimanfaatkan oleh mereka, tapi Yesus berkata pada para muridNya,"Kamu harus memberi mereka makan."
Gedubrak!! Memberi makan 5000 orang lebih. Dari mana? Untung ada anak kecil rela memberikan 5 roti dan 2 ikan bekalnya untuk dibawa pada Yesus. Dan mereka semua pun dapat makan hingga kenyang bahkan ada sisa 12 bakul dapat dikumpulkan.
Di jaman ini hal itu bisa terjadi dengan cara sangat sederhana. Ada segerombol orang yang berjalan, dari Jambi ke Jakarta. Tak tahu banyak motif masing-masing orang. Bisa jadi berbeda-beda sehingga puluhan orang itu berjalan bersama jalan kaki. Bisa jadi ada tujuan bersama yang sedang diperjuangkan. Bisa jadi...entahlah. Dan Sang Ilahi berkata,"Kamu harus memberi mereka makan."
Gedubrak!!! Dari mana makanan untuk 65 orang 3 kali sehari selama mereka ada di Bandarlampung yang bisa jadi lebih dari 1 hari? Yang dipunyai hanya 20 ribu pulsa tersimpan di HP butut. Dan itu yang bisa dibawa untuk digandakan. Lalu begitu saja, ketika pulsa itu direlakan, makanan siap dikirim untuk mereka malam ini. Untuk besok pagi pun sudah disiapkan juga. Besok siang, besok malam, besok lusanya lagi... Dan mereka semua dapat makan dan akan makan. Mereka tak akan kelaparan selama berada di Bandarlampung. Aku harus yakin seperti itu. Hanya, memang harus ada yang menjadi anak kecil yang merelakan bekalnya yang sedikit, dengan tanpa curiga, menyerahkan padaNya. Selebihnya biar yang Punya Kuasa yang melakukan mukjijatNya.

(Malam 23.58 memupuk iman, tak bisa terpejam, dalam doa, untuk para petani Jambi yang sedang menandai long march mereka di stasi Islamic Centre.)

No comments:

Post a Comment