Friday, August 16, 2019

Gerakan Go-Ban untuk Pelita Kasih

Aku dan Pak Willy di kantorku.

Hari Selasa, 13 Agustus 2019 lalu aku kedatangan beberapa tamu luar biasa. Salah satu yang mengunjungi kantorku adalah Pak Willy Darma. Orang tua ini dulu yang mengelola YPSK sekian puluh tahun. Hidupnya didedikasikan untuk masyarakat Lampung, sampai purbabakti beberapa tahun lalu. Salah satu cerita yang dibawa oleh beliau adalah gerakan Go-Ban, yaitu mengumpulkan 50 ribu rupiah tiap bulan sebagai aksi sosial. Kali ini dana yang terkumpul diserahkan unttuk Pelita Kasih.

Pak Willy cerita kalau dia sudah menulis untuk sebuah media tentang gerakan itu dan aku berjanji mau ikut mempublikasikannya kalau tulisan itu dikirim padaku. Baru saja aku mendapatkan email dari beliau dan inilah tulisan itu:

Mereka cacat fisik, tapi mental tidak terganggu dan semangat hebat. (Kalimat ini menyertai foto-foto orang-orang yang hebat dengan tanpa kaki atau tangan dan sebagainya)
Lain ceritanya pada  anak-anak yang berkebutuhan khusus karena  gangguan mental. Yayasan Pelita Kasih di Lampung, adalah salah satu sekolah luar biasa. Di bawah asuhan para suster ALMA, saat ini ada  40 murid yang  mentalnya terganggu. Muridnya ada yg autis, down syndrome, microsephalus, dll, Dilayani oleh 14 guru yang super sabar.

Selain ada Go-Jek, Go-Car, Go-Food, Go-Pay, Wulan Lampung bikin Go-Ban
Mencoba mengumpulkan donor yg bersedia nyumbang Rp 50.000,- /bulan untuk Pelta Kasih.
Kegiatan ini sukarela, tanpa ikatan, terbuka untuk siapa saja
Boleh sumbang lebih, tapi pakai  nama lain. Tujuannnya agar ada pemasukan yg agak rutin.
Agar tidak ada kesan terpaksa atau sungkan, diumumkan lewat group.
Sudah ada dua peserta non Wulan dari Jakarta yang ikut gabung.
Ada anggota yg bulan Mei lalu sedang berobat di Singapur. Begitu baca WA  ia langsung transfer. Ada juga yang setor/transfer bulanan. Ada non anggota yg langsung ikut gabung jadi donor.
Masing orang punya pengeluaran sendiri yg kita tidak tahu.
Jadi kalau ada anggota yang belum gabung, itu tentu mereka punya pertimbangan pribadi.
Mei, Juni, Juli, sudah  ditransfer di atas sejuta. Bulan Agustus, akan jadi 2 juta. Sebagai laporan, tiap bulan dikirim ke group via WA foto bukti transfer dana yg terkumpul, dan nama nama pendonor .

Kunjungan beberapa anggota Wulan ke SLB Pelita Kasih 10 Agustus 2019

(Kapan-kapan aku akan tanya apa dan bagaimana Wulan itu. Kemarin aku ndak tanya. Terimakasih ya, pak Willy.)

No comments:

Post a Comment