Sunday, January 26, 2014

Terompah Usang yang Tak Sudah Dijahit

Tiba-tiba ingat buku tua ini. Aku membacanya dulu waktu SD. Buku yang ditulis oleh A. Damhoeri ini aku baca berulang kali tak terhitung. Entah dimana sekarang, apakah masih ada di lemari di kamarku Kediri sana atau sudah raib, aku tak yakin.

Buku ini terbit tahun 1975 (cetakan ke sekian) oleh Balai Pustaka. Aku masih ingat persis cerita dalam novel ini. Berkisah tentang terompah dari lahir hingga tersuruk butuh jahitan tapi tak pernah selesai dijahit. Terompah itu seolah-olah hidup dan menceritakan kisahnya itu dari sudut pandang orang pertama, tentang perasaannya, tentang yang dilihat dan sebagainya. Bahkan aku ingat dia bercerita bagaimana pengalamannya saat pertama kali dipakai oleh pemiliknya, ketika dicuri dari masjid saat pemiliknya sholat dan sebagainya.

Aih, siapa yang punya buku ini ya? Pinjami aku untuk fotokopi sebentar. Please.

9 comments:

  1. saya punya cetakan pertama tahun 1952 tapi sampulnya sudah hancur

    ReplyDelete
  2. saya punya cetakan pertama tahun 1952

    ReplyDelete
  3. Saya beli berapapun kalo ada yang punya buku ini..
    Buku saya hilang di lemari buku... Terakhir saya baca sekitar 6 tahun yang lalu ��

    ReplyDelete
  4. Saya bayar berapapun untuk yang mau jual buku ini...
    Punya saya udah ilang entah kemana..
    Nyari Di toko buku manapun juga gaada.
    Terakhir baca buku ini sekitar 6tahun yang lalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika berminat saya bisa kopikan. Kirim respons ke yulinugrahani@yahoo.com

      Delete
  5. Saya pernah baca diperpustakaan di Cikapundung sekitar 38thn yg lalu

    ReplyDelete