Thursday, February 28, 2013

Nasi Kucing

Nasi kucing bukanlah nasi dengan lauk kucing atau nasi yang diperuntukkan bagi para kucing. Nama ini merunut pada porsinya yang sangat kecil, sedikit, yang tidak lazim untuk manusia yang tidak diet. Hanya segede porsi untuk kucing. Nasi sesendok ditambah lauk kering teri atau kering tempe atau bihun atau jenis tumisan yang lain, dibungkus dengan kertas nasi atau daun pisang.
Kebanyakan orang menganggap nasi kucing adalah jajanan tambahan. Porsinya yang kecil membuat siapapun yang makan tidak akan merasa kenyang hanya dengan satu bungkus saja. Ya, bisa dua atau tiga bungkus sekali makan. Namun bagi yang sedang program diet mengurangi nasi, ini makanan yang cocok untuk malam hari.Juga bagi yang sedang bokek, ini sangat pas. Hehehe...
Angkringan Mbah Jo
Nasi kucing adalah panganan yang khas di daerah Solo atau Jogja, biasanya dijual pada malam hari untuk melengkapi 'wedang'. Bisa wedang jahe, kopi, teh dan sebagainya. Sekarang nasi kucing sudah tersebar di banyak kota dan sangat diminati sebagai teman nongkrong.
Harganya sangat murah. Misal di Angkringan Mbah Jo yang buka tiap hari pada 18.00 - 22.00 di Gang Ratu Bandarlampung, seporsi nasi kucing dengan isian teri atau tempe bisa didapat dengan harga Rp. 2.000. Pun pembeli mendapat bonus sambel yang boleh ditambahkan sesuka hati. Untuk melengkapinya, pembeli bisa memilih aneka sate dan bacem yang tersaji. Sate hati/ampela/usus/telur puyuh atau bacem tempe/tahu/ceker.

No comments:

Post a Comment