Friday, February 28, 2020

Kebodohan itu Malapetaka

Coba, aku aku nulis judul seperti itu: Kebodohan itu Malapetaka. Apa yang kalian pikir? Langsung ingat 10 orang anak SMP Turi yang meninggal itu kan? Itu karena aku tulis saat ini, saat berita tentang 10 pelajar yang tewas saat susur sungai dalam acara Pramuka.

Kejadiannya sendiri terjadi pada ... Diikuti oleh lebih dari 200 pelajar tanpa persiapan yang memadai, tanpa perlengkapan yang menunjang dan tanpa pengetahuan yang cukup. Dan saat malapetaka itu terjadi, hanya 4 orang pendamping yang bersama mereka.

Pelajaran apa yang diambil oleh anak-anak itu?
Selain kebodohan, apa lagi yang bisa kukatakan tentang penyebab malapetaka itu? Karena hujan? Karena pasang sungai? Karena mereka ndak bisa berenang? Karena mereka ndak tahu apa-apa tentang sungai? Karena mereka takut melawan guru? Aduhhhh...

bodoh » ke.bo.doh.an

  1. n perihal bodoh; ketidaktahuan
  2. n kekeliruan; kesalahan

Di dalam kamus bahasa Indonesia, dikatakan kalau kebodohan itu artinya perihal bodoh, atau ketidaktahuan. Lalu juga bisa diartikan kekeliruan atau kesalahan. Dan itulah yang menjadi penyebab 10 orang meninggal dengan cara yang mengenaskan. Sekolah yang diwakili para guru pendamping Pramuka itu melakukan perihal bodoh, tidak tahu apa-apa tentang yang akan mereka lakukan. Dan mereka melakukan kekeliruan atau kesalahan saat itu. 

Inget apa lagi kalau mbaca judul di atas tuh? Inget Bu Sitti? Iya, Sitti dengan t doble dari KPAI. Membayangkan omongannya yang ngawur itu auhhhh... malapetaka super dah. Atau ingat hal-hal lain?

Inget apa lagi jallll? 

No comments:

Post a Comment