Friday, March 06, 2015

Mata Kuliah Pengembangan Karakter

Ini sebetulnya bukan cerita baru. Jadi, saudara-saudari, mulai semester lalu, September 2014 karena suatu alasan yang mulia dan gembira aku didapuk menjadi dosen (hehehe. walau kw.) di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Gentiaras Lampung sebagai bagian dari tim pengampu mata kuliah Character Building. Hebat ya? Hehehe... Ndak juga. Biasa saja. Karena yang namanya Yuli Nugrahani kan memang seperti itu garis hidupnya.

Nah, nah, ini soal yang serius. Aku bahasakan saja ke Indonesia, pengembangan karakter. Untuk semester ganjil lalu aku pegang untuk kelas semester 3 dan 5, dua kelas setiap hari Kamis. Untuk semester mendatang ini aku akan masuk di semester 2 dan 4 untuk kelas pagi dan sore, jadi ada 4 kelas tiap hari Kamisnya. Bagi STIE Gentiaras, mata kuliah ini bukan mata kuliah pokok dengan penilaian yang masuk dalam KHS, tapi ini adalah mata kuliah wajib dari semester 1 sampai 6. Hasilnya adalah sertifikat yang wajib dimiliki oleh mahasiswa sebelum PKL.

STIE Gentiaras menjadikan mata kuliah ini bagian yang penting untuk pengolahan karakter alumnusnya sehingga siapapun yang pernah kuliah di kampus ini mempunyai keunggulan khusus yang bakal membantu alumni untuk masuk dalam dunia kerja dan dunia masyarakat. Aku tentu saja gembira mendapat kesempatan terlibat di dalamnya walau itu memberikan beberapa konsekwensi yang tidak sedikit dalam ritme hidupku.

Nah, aku ingin melihatnya secara personal. Apa yang telah kudapatkan sepanjang semester lalu berproses dengan mahasiswa-mahasiswa? Hmmm, ini adalah pengalaman baru bagiku. Walau aku dibesarkan oleh keluarga guru, menjadi guru tak pernah menempel sebagai cita-citaku. Jadi kalau sekarang aku merasakan sebagai dosen (walau kw. hehehe.), ini adalah hal luar biasa dalam hidupku. Aku jadi belajar banyak tentang pengembangan karakter, khususnya yang diperlukan oleh mahasiswa dan atau lulusan kampus perguruan tinggi. Yang paling asyik, adalah persentuhan dengan para muda di kampus. Umur belasan tahun yang penuh dengan vitalitas dan kegembiraan. Jadi, walau tiap hari Rabu malam aku selalu puyeng menyiapkan materi, aku menikmati kegembiraan 'ngerumpi' bersama dengan mereka. Dan untungnya, mata kuliah ini adalah pengembangan karakter, bukan matematika, akuntansi atau pelajaran lain. Hehehe.... Permulaan perkuliahan semester genap akan mulai Kamis minggu depan, 12 Maret, tapi aku sudah tak sabar bertemu dengan mereka semua. Wuah...


No comments:

Post a Comment