Monday, October 14, 2019

EKM Sibakjamano: Aku dan Kamu Setara di Mata Allah

Kesempatan yang begini nih selalu menyenangkan hatiku, yaitu bertemu dengan orang muda. Kali ini orang muda Katolik yang berada dalam wilayah Sibakjamano (Sdidomulyo, Bakauheni, Jatibaru, Margoagung dan Sribawono). Mereka berkumpul di Rawa Selapan, Lampung Selatan pada Sabtu - Minggu, 28 - 29 September 2019.

Kehadiranku pertama-tama karena ajakan dari Komisi Kepemudaan, RD. Gregorius Suripto dengan alasan tema yang diangkat dalam kegiatan ini yaitu: Aku dan Kamu Setara di Mata Allah. Ditambah dengan beberapa keterangan dari panitia penyelenggara beberapa minggu sebelumnya, aku pun memastikan hadir dengan mengajak Mas Hen. Tak perlu rayuan, karena dia pasti senang hati untuk ikut pergi.

Hadir sekitar 200an peserta dari berbagai daerah. Dan tentu saja seperti biasa mereka sangatlah beragam, pun dengan kehebohan yang tak bisa distop dari awal hingga akhir.

Dalam sesi aku menyampaian beberapa konsep sadar adil gender yang paling dasar untuk menandaskan bahwa perempuan dan laki-laki memiliki martabat yang sama sebagai ciptaan Tuhan. Peran-peran pun bisa dijalankan secara adil oleh kedua pihak sebagai mitra sejajar dalam berbagai ranah kehidupan.

Aku dan Mas Hen menyediakan diri untuk sharing dari pengalaman kami berdua membangun komunikasi mulai dari pacaran hingga berada dalam rumah tangga. Beberapa data kutampilkan untuk menguatkan hal itu. Tentu saja dengan memberi catatan penting misalnya tentang kekerasan dalam berpacaran.

No comments:

Post a Comment