Thursday, October 24, 2019

Perjalanan Belitung Asam Pahit Manis (3): Destinasi Selain Pantai

Selain pantai, ada beberapa tempat yang sempat kuampiri bersama rombongan. Yang sangat membantu adalah Aling Tour. Merekalah yang antar jemput kami semua dari bandara, hotel hingga seluruh kebutuhan acara dan juga perjalanan bonus ke berbagai tempat di Belitung.

1. Kampung Ahok eh Fifi

Ini adalah rumah kediaman Ahok dan keluarganya suatu masa dulu, lalu dikelola menjadi tujuan wisata. Di depan dan di samping rumah induk ada galery yang menjual macam-macam benda khas Belitung yang bisa untuk oleh-oleh. Ya, bagiku sendiri sih tempat ini biasa saja, tapi banyak juga yang datang ke sana. Rombongan-rombongan seperti diarahkan untuk mengunjunginya. Padahal ya seperti itu, biasa saja.

Di galeri samping rumah aku membeli satu benda bertulis Pulau Lengkuas. "Sebagai tanda bahwa itulah tempat yang belum kukunjungi dalam kesempatan ini. Suatu ketika harus kudatangi lagi." Gitu penjelasanku. Cukup mahal sih benda sekecil itu. Bentuknya pembuka botol dengan gambar dan tulisan Pulau Lengkuas, harganya 40 ribu rupiah. Huhuhu...

Di galeri yang depan, bertulis Kampung Fifi (dulu katanya tulisannya Kampung Ahok) sebenarnya tertarik pada sebuah gelang. "Itu gelang Bu Fifi, tidak dipakai maka dijual di sini." Hmmm, tapi mahal. 200 ribu, jadi aku tak minat untuk membelinya.

2. Lokasi Syuting Laskar Pelangi

Kompleks lokasi syuting Laskar Pelangi, berupa replika sekolah dan mushola. Di sekolah itu kami menyanyikan lagu Laskar Pelangi.
"Mimpi adalah kunci, untuk kita... dst."

Aku sih berasa biasa-biasa saja mengunjungi tempat-tempat itu. Untung saja ada rombongan 4 anak yang sedang bermain di sekitar situ. Aku mendatanginya, yang rupanya diikuti oleh Rm. Pascal yang kemudian memotret kami. Ujungnya sih dia juga minta difotoin. Huhuhu... Akhirnya juga banyak yang ngikuti kami berfoto dengan anak-anak itu. Untungnya lagi di situ ada penjual oleh-oleh dan makanan-makanan. Ada mangga iris yang mengobati segala sakit dan ketidakminatanku pada banyak hal.

3. Rumah Keong

Letaknya di depan tempat syuting Laskar Pelangi. Bangunan dari rotan dekat dermaga berbentuk seperti keong-keong. Ini tempat yang bagus untuk foto-foto. Walau kami datang pas panas tengah hari, malah pas.Cahaya yang tepat bagus untuk foto. Pas. Yang lebih asyik ketika di dermaganya, jadi fotoku banyak yang di situ itu. Tuhhh salah satunya.

4. Tugu Batu Satam

Ini tempatnya di tengah kota.

5.  Tugu Arwana

Tempatnya di Gantung, Belitung Timur.

No comments:

Post a Comment