Thursday, September 26, 2019

Kurdas Angkatan XXIV Kopdit Mekar Sai Tahun 2019

Pendidikan adalah salah satu pilar utama koperasi kredit. Kopdit Mekar Sai melakukannya dalam berbagai bentuk, salah satunya adalah Kursus Dasar (Kurdas). Kali ini digelar angkatan XXIV, diikuti 47 peserta dari berbagai unit yang ada di Mekar Sai, plus 5 orang dari Kopdit Mardi Siwi. Diselenggarakan di ruang meeting Kopdit Mekar Sai Jln Juanda Pahoman Bandarlampung, Jumat sore - Minggu siang, 20 - 22 September 2019.

 Materi-materi yang disampaikan merupakan pendasaran bagi aktifis koperasi dan diharapkan mereka lebih dalam lagi memahami nilai-nilai koperasi dan mendalaminya dalam gerak hidup mereka sehari-hari. Di Kopdit Mekar Sai ada materi-materi pokok untuk kurdas yang terbagi dalam 11 sesi, yaitu: Dasar-dasar berkoperasi, peran pendidikan dalam koperasi kredit, peran dan tanggungjawab pengurus pengawas, peran dan tanggungjawab manajer, struktur organisasi kopdit, AD/ART SOM/SOP Mekar Sai, tatakelola koperasi kredit, peran perempuan dalam koperasi kredit, financial literasi dan anggaran belanja keluarga, sistem akuntansi kopdit, dan produk simpan pinjam.

Sekian banyak materi itu harus tuntas diikuti oleh semua peserta selama tiga hari itu. Bagiku ini merupakan pengalaman pertama hadir dalam kurdas karena posisiku sebagai pengawas kopdit sekaligus menjadi anggota panitia pendidikan Mekar Sai. Dan aku senang banget terlibat didalamnya untuk materi peran perempuan dalam koperasi kredit. Aku mengubah judul sesi menjadi: Perempuan dan Laki-laki sebagai Mitra Sejajar dalam Kopdit. Judul ini bagiku lebih tepat.

Bagian lain yang membuatku senang saat memberikan materi ini adalah karena keseimbangan jumlah peserta perempuan dan laki-laki, Memang sih para bapak lebih banyak tapi tak berbeda jauh. Ini bisa menjadi pendasaran sikap personal mereka dalam keluarga maupun dalam organisasi atau masyarakat.

Aku dari awal sudah meniatkan untuk ikut semua sesi supaya aku bisa mengulang belajar semua materi yang pernah kupelajari dulu. Tapi apa daya, ada juga beberapa sesi yang tak bisa kuiikuti penuh karena mesti ngacir ke tempat lain. Paling tidak dua materi lain bisa full kuiikuti karena aku menjadi moderator. Dan juga sesi sebelum aku jadi moderator atau mengisi sesi kuusahakan aku bisa menghadirinya sehingga menjadi sambungan saat aku maju.

 Di bagian penutup, peserta memberikan evaluasi terhadap seluruh proses. Banyak yang menuliskan di lembar evaluasi soal waktu yang kurang lama bahkan beberapa sesi tidak memungkinkan ada dialog atau tanya jawab. Nah, semoga mereka tetap semangat mengikuti info dari Mekar Sai dan antusias hadir jika ada pelatihan yang selanjutnya.

No comments:

Post a Comment