Monday, April 01, 2019

Kopdit Mekar Sai pada Unit SKM Metro

Ini pertama kalinya aku sebagai bagian dari pengawas Kopdit Mekar Sai melihat bagaimana kunjungan unit dilakukan oleh pengurus dan manajemen Kopdit Mekar Sai. Pekerjaan dan tradisi rutin Mekar Sai ini sudah berjalan lama. Pengurus dibantu manajemen berkunjung ke unit-unit (ada 300an unit sekarang ini) yang tersebar di berbagai daerah di Provinsi Lampung sesuai permintaan dari unit yang bersangkutan atau jadwal yang sudah ditentukan oleh pengurus.

Sasaran kunjungan kali ini adalah Unit SKM Metro, bertempat di aula SMK Kristen 1 Metro, pada Minggu 31 Maret 2019. Ini adalah program kunjungan yang pertama setelah Rapat Anggota Tahunan (RAT) bulan Februari lalu dan pertama juga dilakukan oleh pengurus baru. Hadir dalam kunjungan ini 100 anggota unit (seluruh anggota unit SKM berjumlah lebih dari 200 orang).

Tujuan utama dari kunjungan pengurus kali ini adalah mensosialisasikan hasil RAT, memperkenalkan kepengurusan yang baru itu salah satunya, plus program-program yang lain. Dan mengenalkan aplikasi Sakti.Link yang mulai digunakan oleh Mekar Sai pada tahun ini kepada anggota dan mengajak mereka mulai menggunakannya sebagai sarana kemudahan pelayanan Mekar Sai kepada anggota.

Aku senang bisa melihat antusiasme anggota yang hadir dalam kunjungan kali ini. Pak Dar, koordinator unitnya ternyata orang yang sangat peduli pada literasi dan punya program kepustakaan untuk pelajar. Masuk ke perpustakaan yang dikelolanya membuatku berkobar-kobar apalagi ditunjukin hasil karya tulis para pelajar yang dipandunya berbentuk kumpulan cerpen, kumpulan puisi, kumpulan resensi buku/film, dan sebagainya. Itu mah bonus setelah melihat bagaimana unit ini sudah berjalan sejak lama dengan anggotanya yang aktif dan terus berkembang.

Sebelum dan sesudah acara, juga di sela-sela acara, staf manajemen yang ikut (Pak Kiman dan Mbak Susan) memberikan pelayanan kepada anggota yang membutuhkan, entah simpanan, pinjaman atau konsultasi.

Beberapa orang muda dan anak-anak yang hadir juga membuat kegiatan ini meriah, apalagi pada bagian akhir Mekar Sai juga membagi-bagikan sovenir untuk para anggota.

Aku sendiri mesti terus menarik diriku supaya tetap pada posisi pengawas, yaitu mata anggota untuk mengawasi pengelolaan koperasi secara keseluruhan. Maka saat ada kesempatan bicara, aku menyampaikan hal itu kepada hadirin dan berharap mereka tidak segan memanfaatkan keberadaan pengurus dan pengawas supaya seluruhnya berjalan dengan baik dan terus berkembang.

No comments:

Post a Comment