Friday, May 25, 2012

Metropool - Megaria - Metropole

Katanya ini bioskop tertua di Jakarta. Menurut Wikipedia dibangun pada tahun 1932 dengan nama Bioscoop Metropool. Terletak di sudut Jalan Pegangsaan dan Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat.

Pada 1960, namanya diubah menjadi Bioskop Megaria, sesuai seruan Soekarno untuk menghilangkan nama-nama asing. Pada 1989, gedung bioskop ini disewakan oleh PT Bioskop Metropole, pemiliknya, kepada jaringan 21 Cineplex. Gedung ini diisi dengan 6 bioskop mini.  Namanya sempat berubah menjadi Megaria 21. Namun kini namanya adalah Metropole XXI.
Selasa lalu (22/5) aku nonton di situ untuk pertama kalinya bareng Dhenok. Sayang, film yang kami pilih, Bel Ami, cuma cocok untuk dicela-cela. Sebenarnya aku suka settingnya, idenya (diambil dari sebuah novel dengan judul sama karangan Guy de Maupassant terbitan tahun 1885), tapi jadinya katrok banget. Entar kalau pas ingin mencela atau nonjok orang, aku ceritakan film ini. Tapi gak janji ya. Aku gak minat untuk mencela atau nonjok orang dalam waktu dekat ini.

No comments:

Post a Comment