Friday, August 14, 2020

Jawaban Yuli Nugrahani (10): Blog Apaan Sih Ini?

 Pertanyaan seperti itu seharusnya tak usah dijawab. Cukup dengan membuka yulinugrahani.blogspot.com mulai dari 2016, tepatnya 20 Juli 2016, dan baca lebih dari seribu postingan di sini, pembaca akan tahu. Tulisan pertama bisa di klik, dan lihatlah tulisan pendek bergambar lilin menyala itu. Iya, pendek banget. Yuli Nugrahani, Hidup Bersama untuk Adil dan Damai. 

Tulisan pendek dengan gambar lilin itu menjadi pembuka blog ini pada 14 tahun lalu, saat aku masih bekerja mengelola majalah Nuntius. Aku menuliskan kalimat pendek itu untuk mengingatkan aku bahwa walau aku bekerja di majalah, aku tetap juga bekerja untuk Bagian Justice and Peace Keuskupan Tanjungkarang. Walau seluruh waktuku terkuras untuk majalah, aku harus juga tetap berpikir tentang justice and peace.

Kukira ndak terlalu berhasil, tapi sesekali tetap juga kukunjungi ruangan di Keuskupan Tanjungkarang untuk justice and peace. Tanda ini kupasang di blog dan tidak pernah kuedit hingga kini.

Blog ini berisi macam-macam hal sesuai dengan gerak langkah atau gerak pikir atau gerak hatiku. Jadi pembaca harus memaklumi kalau blog ini kadang-kadang seperti buku harian, tempat aku menulis keseharianku, bersama anak-anak, suami atau siapapun yang kutemui.

Kadang, blog ini seperti blog travel, saat aku melakukan perjalanan-perjalanan ke suatu tempat. Aku selalu tergoda untuk membuat tulisan-tulisan sampai beberapa episode usai mengadakan perjalanan-perjalanan entah di Indonesia maupun luar Indonesia.

Kadang yang lain, blog ini seperti blog resep. Iyalah, aku kan suka ada di dapur. Jika memasak sesuatu entah berhasil enak atau tidak enak, aku memotret hasilnya dan menuangkan resepnya di blog ini. Itu berguna sekali bagiku untuk mengingat resep-resep yang sudah kubuat. Kadang aku kan ngawur kalau mau masak, jadi punya catatan di blog ini bisa membantuku jika ingin membuat lagi masakan yang pernah kubuat.

Kadang blog ini seperti jurnal, tempat aku memasang beberapa makalah yang pernah kusampaikan dalam acara-acara sosial atau sastra dan sebagainya. Biasanya aku akan siarkan ke peserta kalau mau akses makalah softcopy bisa ambil dari blog ini. Siapa pun bebas mengaksesnya.

Nah, ya, Kadang blog ini juga sebagai sarana promosi. Usaha-usaha yang aku buat kan perlu dipromosikan, dan menuliskan di blog sendiri akan aman karena tak perlu bayar tak perlu filter dari redaktur. Maka jangan heran kalau di sini pembaca akan menemukan promosi usaha-usaha pribadi. Namanya juga usaha.

Yang lain lagi, blog ini juga kugunakan untuk memasang laporan-laporan kerja yang memang harus diketahui umum seperti perkembangan gerakan sejuta masket untuk Lampung. Aku akan update di sini setiap periodiknya.

Yang paling menarik, blog ini juga media untuk tulisan-tulisan puisi atau cerpen atau kisah-kisah khayalan lain. Bukan hanya yang kutulis, tapi juga bisa dari siapa pun. Tak ada syarat khusus selain mengirimkannya ke aku dengan menyertakan biodata singkat dan foto. Ada rubrik Puisi Sabtu, misalnya.

Rubrik ini pun, Jawaban Yuli Nugrahani, kugunakan sebagai cara untuk mengasah skill dalam beropini. Aku tidak mahir dalam beropini, sering takut bersuara, jadi blog ini bisa membantuku untuk latihan, bersuara dengan argumen-aregumen dari sudut pandangku. 

Selebihnya, blog ini untuk suka-suka, sesuka hati.  

No comments:

Post a Comment