Tuesday, July 26, 2016

KOREKSI

Okeylah menjadi dosen tak tetap, tak masalah. Tapi ketika harus mengakhiri semester dengan mengoreksi hasil ujian mahasiswa, yang ternyata kebanyakan adalah tulisan-tulisan copy paste, itu sungguh membuat stress. Kesempatan-kesempatan aku tawarkan karena pada dasarnya aku sangat berharap pada orang-orang muda, aku sangat sayang pada mahasiswaku. Aku tidak ingin memojokkan mereka dengan pengalaman yang tidak semestinya.

Namun pemikiran itu juga membuatku salah tingkah. Memberi nilai A sedang ujian tidak mereka tulis sendiri, itu sama sekali tidak tepat. Mereka akan mengulang hal itu lagi di masa mendatang. Mereka akan menganggap copy paste adalah tindakan super yang layak dapat A. Tidak. Itu tidak boleh terjadi pada mereka yang jelas-jelas kulihat potensinya. Memberi nilai C atau D juga tidak mengenakkan. Aku paham nilai C atau D sama sekali tidak diharapkan untuk mahasiswa kelas karyawan yang mereka sebenar-benarnya hanya ingin 'gelar'. Huft.

No comments:

Post a Comment