Wednesday, December 07, 2016

Menjelang Pergantian Tahun

Aku tahu ini agak terlalu dini untuk menjelang pergantian tahun. Tapi aku sedang mencari-cari kesempatan untuk merenggangkan otot dan otak, jadi aku pamit lebih awal. Tahun ini terlalu banyak memberikan gerak dan pikiran padaku. Beberapa hal yang sudah direncanakan bisa terjadi selebihnya lepas. Yang tak direncanakan ada yang tiba-tiba muncul dan menjadi kekayaan.

Yang paling ingin kucatat ada beberapa hal :
1/ Aku menerbitkan buku kumpulan cerpen kedua berjudul Salah Satu Cabang Cemara. Buku ini dikerjakan dengan sedikit ragu-ragu, tapi kemudian terjadi, dan aku disupport oleh banyak orang.

2/ Aku mendapatkan beberapa garapan buku yang tidak terbayangkan, seperti buku kumpulan cerpen dan puisi Akar Rumput, buku koperasi Mekar Sai, buku YPSK, buku Gurindam Jiwa, juga terlibat dalam beberapa buku lain untuk editing atau sekadar memberikan endorsment. Semuanya sangat menarik.

3/ Aku mendapatkan beberapa kepercayaan untuk memegang tanggungjawab lebih seperti menjadi panitia nominasi koperasi, menjadi tim inti GATKI, menjadi sekrum FPBN, dan lain-lain.

4/ Banyak kali aku mendapatkan kesempatan-kesempatan menarik. Perjalanan-perjalanan bahkan hingga ke Phuket, menjadi moderator berbagai acara, dan lain-lain.

5/ Ah, aku tak bisa menyebutkan semua dinamika.

Di akhir tahun ini aku sulit menyebut semua hal itu sebagai capaian atau kesuksesan. Aku mengatakannya sebagai pengalaman. Itu cukup. Sekedar mengingat, ini adalah catatanku di awal tahun 2016. Aku menjadi 'harmoni', mampu melewati 'gempa-gempa' hingga semakin harmoni. Bagaimana aku mampu mengevaluasinya di akhir tahun ini?

Huft. Aku baru sampai pada gempa-gempa. Belum sampai pada harmoni. Mungkinkah itu yang masih harus aku teruskan pada tahun depan, pada tahun 2017? Huft.

No comments:

Post a Comment